08 Desember 2022

Best Practice PPL Siklus 1 - 4 PPG Kategori 2 Kemendikbud

 




 LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK Muhammadiyah 1 Ngoro

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruhan

Tujuan yang ingin dicapai

Melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat :

-       Meningkatkan hasil belajar Mata pelajaran Dasar Teknik Komputer.

-       Meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang komputer dan cara penggunaanya.

Penulis

Wahyu Aji Tri Riswandhana, S.Kom

Tanggal

24 Oktober – 26 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

1.    Guru belum kreatif serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga semangat belajar siswa kurang

2.    Penguasaan (managemen) kelas

3.    Metode pembelajaran yang masih Teacher Center

4.    Siswa tidak menguasai materi

5.    Media pembelajaran kurang menarik

 

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :

1.    Sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini.

2.    Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif

3.    Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi guru lain dalam hal mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif

4.    Praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru-guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan pembelajaran ini

 

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Dari hasil kajian literatur dan wawancara teman sejawat diketahui bahwa penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik antara lain :

1.    Guru tidak paham tentang model pembelajaran inovatif

2.    Guru malas untuk memanfaatkan model pembelajaran inovatif, karena mau yang simpel saja yaitu metode ceramah

3.    Peserta didik tidak terlalu paham mengenai aplikasi ilmu yang dipelajarinya di kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik kurang tertarik

4.    Peserta didik tidak suka terhadap pelajaran yang diajarkan

5.    Merasa hal yang diajarkan bukan passion -nya

6.    Tidak bisa mencoba belajar sendiri sesuai dengan kondisinya

7.    Memilih lingkungan atau teman yang salah

8.    Pengaruh sosial

 

Tantangan yang dihadapi guru pada saat proses pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik antara lain :

1.    Guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik , sehingga peserta didik tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran.

2.    Guru harus belajar dari berbagai sumber, baik itu dari mengikuti pelatihan pemanfaatan media ajar, maupun belajar dari internet ataupun teman sejawat untuk mendisain media pembelajaran

3.    Guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran yang menarik untuk membuat peserta didik tertarik, termotivasi dan bersemangat seperti menggunakan media Canva for educations dan Video TouTube

4.    Guru harus mampu mengaitkan tujuan pembelajaran dan aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari

 

Dilihat dari tantangan di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi dalam proses ini melibatkan guru dari segi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional, sedangkan dari segi peserta didik yaitu minat belajar peserta didik

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

1.    Pemilihan media pembelajaran inovatif

      a. Berdasarkan kajian literatur, strategi yang dilakukan yaitu menggunakan media pembelajaran inovatif dengan cara menampilkan video pembelajaran yang menarik dan pembuatan gambar bergerak. Adapun media pembelajaran ini disebut dengan pembelajaran berbasis TPACK

      b.      Proses pembuatan media pembelajaran inovatif dibuat oleh guru sendiri yaitu dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, mendesain bentuk medianya, dan membuat medianya sesuai dengan desain rancangannya.

     c.       Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran inovatif ini yaitu: Buku/bahan ajar, jaringan internet, laptop, printer, aplikasi Youtube, quizizz, canva dan projektor.


2.    Pada proses pembelajaran, di kegiatan pendahuluan guru menyampaikan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, serta kriteria penilaian dengan menggunakan Canva Present sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar agar mendapatkan nilai maksimal

3.    Guru mengaitkan tujuan pembelajaran dan aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari

4.    Pada kegiatan inti, di tahap orientasi peserta didik terhadap masalah, peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada video YouTube pembelajaran yang ditayangkan oleh guru

5.    Pada proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana pada tahap mengorganisasikan peserta didik guru membantu peserta didik membentuk kelompok diskusi dan membagikan LKPD kepada peserta didik untuk didiskusikan dan dipresentasikan

6.    Guru membimbing peserta didik dalam mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok, serta membimbing kolompok lain memberikan tanggapan

7.    Guru memberikan motivasi berupa pujian kepada peserta didik yang mempresentasikan laporan dan yang memberikan tanggapan

8.    Guru melakukan refleksi pembelajaran

9.    Pada kegiatan penutup, guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang

10.  Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu mengulang dan mengambil materi di WA Groub

 

Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini antara lain :

1.    Kemampuan guru dalam mengaitkan tujuan pembelajaran dan aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari serta pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan

2.    Laptop dan infocus, serta kemampuan guru dalam mendisain dan menggunakan media ajar yang menarik seperti pemanfaatan Canva Present, Quizizz, Flipbook dan Vidio TouTube

3.    Pemahaman guru pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Dilihat dari langkah-langkah di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan aksi ini melibatkan guru dari segi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional, sedangkan dari peserta didik yaitu motivasi belajar peserta didik

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari:

1.    Penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK ini sangat membantu pemahaman peserta didik pada konsep pelajaran Dasar Teknik Komputer.

2.    Pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu PBL dan aktifitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga selain meningkatkan keaktifan juga mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

3.    Pemanfaatan Canva present, Quizizz, Vidio YouTube dan Flipbook yang sangat membantu menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran

4.    Lembar refleksi peserta didik yang diberikan, pertanyaannya meliputi :

(1). Bagaimana suasana belajar yang anda rasakan ?

(2). Bagaimana media yang digunakan guru dalam pembelajaran ?

(3). Bagaimana pemahaman anda terhadap materi yang diberikan guru dalam pembelajaran ?

(4). Apakah anda termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran ?

(5). Apakah tugas yang diberikan sesuai dengan alokasi waktunya ?.

Dimana hasilnya untuk pertanyaan

(1). 90,5 % peserta didik mejawab suasana belajar menyenangkan, sedangkan 9,5 % merasa kurang menyenangkan

(2). 100 % peserta didik menjawab media yang digunakan guru menarik

(3). 81 % peserta didik paham terhadap materi yang diberikan, sedangkan 19 % peserta didik kurang paham terhadap materi yang diberikan

(4). 100 % peserta didik menjawab termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

(5). 100 % peserta didik menjawab tugas yang diberikan sesuai dengan alokasi waktunya.

 

Sebagian besar respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang dan antusias jika pembelajaran menggunakan media yang sangat menarik yaitu media pembelajaran berbasis TPACK yang dapat dilihat dari angket respon peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran dilaksanakan selain itu peserta didik dapat berperan aktif dalam kelompok untuk memecahkan permasalahan.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media dan model pembelajaran yang inovatif yang dikembangkan dalam RPP yang telah dibuat.

Kekurangan dari langkah-langkah yang dilakukan yaitu langkah-langkah ini tidak dapat dilaksanakan dengan baik apabila sarana dan prasarana disekolah seperti listrik ataupun jaringan internet tidak memadai, sehingga penggunaan media pada proses pembelajaran tidak terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran.

Berdasarkan proses dan aktifitas pembelajaran yang telah dilaksanakan guru, kesimpulan yang bisa diambil adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif memilih model dan media pembelajaran agar pembelajaran menjadi gampang, asik, seru, menantang, dan menyenangkan sehingga dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran yang nantinya berdampak pada peningkatan hasil dan minat belajarnya

 

Rencana Tindak Lanjut saya antara lain :

1.    Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran selanjutnya akan tetap menampilkan Canva Present, Quizizz, Flipbook ataupun vidio YouTube pembelajaran, tetapi dikemas dengan lebih menarik dan bervariasi.

2.    Metode Pembelajaran

Pada pembelajaran selanjutnya tidak hanya menggunakan metode Problem Based Learning, tapi akan mencari dan mencoba metode atau model pembelajaran inovatif lainnya yang disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik seperti Project Based Learning.

3.    Penerapan AI

Pada pembelajaran selanjutkan akan mencoba menerapkan AI dalam proses pembelajaran dalam proses pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar



Top